PENGERTIAN PUBLIC DOMAIN


Public domain atau staat domain ialah suatu benda pendukung yang dimiliki oleh Negara akan tetapi tidak dapat diperjual belikan karena sifatnya diluar perniagaan dan pemerintah sendiri lebih kepada memilikinya sebagai pengawas.
Ada beberapa pendapat yang menyatakan Negara mememiliki atau menguasai public domain dan ada pula yang menyatakan Negara hanya sebagai pengawas dari punlic domain tersebut.
1. Proudhon, pemerintah bukanlah pemilik (eigenaar), melainkan hanya sebagai pihak yang menguasai (beheren) dan melakukan pengawasan terhadap benda-benda kepunyaan publik.
2. Prof. Vegting, benda diluar perniagaan namun berdasarkan penelitian historik tidak ada alasan untuk menyatakan bahwa publik domein tsb. bukan menjadi eigendom negara. Pemberian pengertian benda diluar perniagaan hanyalah untuk menyatakan batal terhadap setiap perjanjian jual beli atas benda tsb.
3. Mr. Von Reeken, Domain publik bukanlah benda diluar perniagaan, karena benda diluar perniagaan adalah benda yang dikeluarkan dari pergaulan hukum biasa.

B. PEMBAGIAN PUBLIC DOMAIN
Tokoh Proudhon dari Prancis membagi public domain atau staats domain menjadi dua, yaitu :
1. Kepunyaan privat (private domain)
Dalam hal ini Kepunyaan privat meliputi benda-benda yang dipakai oleh aparat pemerintah secara langsung, dimana kemanfaatan benda-benda tersebut jarang diperuntukkan untuk umum. Contohnya rumah dinas, gedung BUMN, kendaraan dinas, alat-alat elektronik dinas seperti komputer dan lain-lain.
2. Kepunyaan publik (public domain)
Kepunyaan public meliputi benda-benda yang disediakan pemerintah untuk masyarakat secara umum, dimana kemanfaatan benda-benda tersebut lebih diperuntukkan untuk masyarakat secara umum. Contohnya jalan-jalan umum, sungai-sungai, termasuk juga kantor pemerintah dan lain sebagainya.
Pembagian tersebut merupakan pengolongan perbedaan domain yang dipakain sepenuhnya oleh pemerintah dan mana yang diperuntukan untuk kepentingan umum. Disini sangat terlihat perbedaan hak – hak istimewa yang diperoleh pemerintah berbanding terbalik oleh apa yang dapat dinikmati oleh umum sehingga terkesan perbedaan itu menonjol dihak-hak pemerintah dan masyarakat pada umumnya.

One thought on “PENGERTIAN PUBLIC DOMAIN

  1. Ping-balik: 2010 in review « Herygaara5's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s