PENGADILAN ato PASAR ?????

0

Sering kita jumpai kenyataan adanya sidang pengadilan yang tidak lagi berperan sebagai ruang “sakral” di mana keadilan dan kebenaran diperjuangkan. Tetapi, sidang pengadilan itu telah berubah menjadi pasar yang menjadikan penawaran dan permintaan sebagai dasar putusannya. Komoditasnya berupa perkara yang sedang ditangani dan keadilan masyarakat menjadi taruhan utamanya.

Di pengadilan, penerapan hukum yang benar yang merupakan bagian dari penegakan hukum tidak selamanya berjalan dengan semestinya. Dapat dibayangkan akibatnya, yaitu kesadaran hukum masyarakat akan semakin rendah. Sebab kesadaran hukum masyarakat sangat dipengaruhi oleh keadilan aparat hukum dalam menjatuhkan hukuman. Ini sesuai dengan prinsip bahwa dalam penegakan hukum pada dasarnya setiap aparat hukum harus memperhatikan aspek-aspek yang mempengaruhi upaya penegakan hukum tersebut.
Pertama, materi hukum (peraturan atau undang-undang).
Kedua, aparat penegak hukum (polisi, jaksa, hakim atau pengacara).
Ketiga, sarana dan prasarana hukum.
Keempat, budaya hukum.
Dalam pembahasan tulisan ini, tentu yang menjadi sorotan adalah poin kedua, yaitu aparat penegak hukumnya. Aparat hukum di sini yaitu oknum yang mempertaruhkan putusannya dengan sejumlah uang. Artinya terdakwa membayar oknum itu un- tuk meringankan atau membebaskan hukumannya. Dan oknum itu juga tergiur untuk menerima tawaran uang dari terdakwa.
Fakta berbicara bahwa, sejak Agustus 2005 sampai Juni 2007, Komisi Yudisial (KY) telah menerima 1.500 laporan tentang praktek mafia peradilan. Setelah diperiksa ternyata 15 – 20 persen dari laporan itu benar. Mayoritas materi laporan terkait profesionalitas kerja dan perilaku aparat hukum yang terindikasi melakukan praktek mafia peradilan. Kalau ada dua pihak beperkara pihak yang mampu membayar oknum aparat hukum bisa memenangkan perkara meski dia salah. Sebaliknya, orang yang tidak bersalah bisa dihukum oleh oknum yang telah disuap. Jadi pertimbangan hukumannya berdasarkan pesanan semata atau siapa yang mampu membayar. Seandainya ini berlangsung secara berulang-ulang maka akan mengakibatkan hukum tidak lagi punya wibawa. Dan krisis hukum akan berlangsung terus. Sebab masyarakat tidak percaya terhadap proses hukum ketika hukum itu sendiri masih belum dapat memberikan keadilan yang hakiki.
Adanya ketidakadilan dalam penegakan hukum juga terlihat dalam proses penyidikan. Ketika pelaku kejahatan kelas kakap, misalnya, koruptor miliaran bahkan triliunan rupiah, diproses hukum terlihat proses hukumnya begitu lama dan panjang. Koruptor tersebut masih dapat berkeliaran bolak-balik keluar negeri. Parahnya banyak koruptor yang dihukum bebas atau dipenjara beberapa tahun saja. Berbeda kalau yang dihukum rakyat bawah, seperti pencuri atau penjambret. Proses penyidikannya cepat dan pelakunya dapat dijatuhi hukuman penjara sekian tahun. Dalam proses penyidikan terhadap penjambret dan pencuri tersebut mereka kerap kali dihajar oleh oknum aparat hukum. Dan yang pasti tidak boleh ke mana-mana, mereka harus tetap dalam sel tahanan selama proses pemeriksaan.
Sebagaimana yang telah dikemukakan di atas, terjadinya krisis hukum di masyarakat diakibatkan mudahnya oknum penegak hukum mempermainkan hukum. Krisis hukum juga terjadi karena begitu tidak adilnya perlakuan antara masyarakat kelas atas dan bawah ketika proses penyidikan berlangsung. Apa yang dapat kita cermati dalam persoalan ini? Yang pasti telah terjadi krisis moral pada oknum tersebut. Oknum penegak hukum itu yang seharusnya mematuhi hukum justru terjebak pada perbuatan tercela dengan mempermainkan dan memperjualbelikan hokum.

raSa !!!!

2

Apa yang qT ingat dari kenangan yang terekam oleh qt
Nama tempat ?
Nama permainan ?
Nama teman ?
Atau kejadian ?
Itu semua adalah hal-haL yang mungkin lambat laun bisa terlupa
TAPI TIDAK DENGAN RASA
Rasa senang , rasa sedih yang akan kita terus qT bawa
tanpa mudah tercecer dalam perjalanan kita
Dan semakin kita dewasa
Kita akan mnyadari
Bahwa diantara Kenangan-kenangan tersebut ada satu rasa yang paling besar yaitu CINTA !!!!
Karena ketika satu persatu cerita berhenti dan menjadi kenangan
Cinta terus bergerak , seiring harapan yang menyertai dia
Cinta yang tak terlihat oleh mata , tak teraba oleh tangan tapi ia ada
Bahkan sejak kita beLum bisa mengucapkannya
Cinta yang sejati , cinta yang kita kira sudah pergi….
Ternyata hanya bersembunyi , menunggu untuk kembali lagi

beda sahaBat

0

tuLisan ini khusus untuk muw sahabat q
terkadang lebih dari kekasih
Lebih mngenaL aq
sahabat quh
dialah sahabat q
ada kapanpun itu

beda sahabat ,
tak seperti mantan , yang manis ketika masih pacaran
dia sahabat penyemangat aq
jadiLah penopang sayap quh

jusT it……

6

Kini teman-teman quh semua sudah tahu kenyataan yang sebenarnya suka ma ayu,
Bnyak yang memberi tanggapan,
Ada yang mendukung ,
Ada yang sinis sama q steLah tahu yang sebenarnya ,
Ada yang menjatuhkan mental ,
daN masii banyak lagi komentar-komentar
salah satunya yaitu temen bernama FAJRI yang berkata “udah , trima aja kenyataan , cii ayu diam karena ayu memang gag suka ma loe ! kasihan banged loe her, dunia ini memang kejam!!!”
(hikz…hikz….)
Sejenak aquh terdiam dan memikirkan perkataannya….
mmmmm….
mmm….
ternyaTa ada benarnya juga perkataannya itu…..
Rasa pesimis pun kembali muncuL….
Tp tersentak aq ingat kata” cii ayu, “jangan marah dan jangan pesimis lagi iah ! senyum dunk , biar orang disekitar muw ikut bahagia , begitu pun juga aq……..”
Setelah mengingat perkataan itu , aq tepis semua rasa pesimis yang mnyeranG…..
(senyum-senyum sendiri…..)
Aq pun sadar bahwa optimis dan pesimis itu seLaLu berdampingan yang dapat berubah dalam sekejap………..
dalaM sekejap optimis dapat berubah menjadi pesimis ,
dan
dalam sekejaP puLa , pesimis dapaT berubah menjadi optimis !!!!!
aquh juga akan membuktikan kaLau perkataan FAJRI itu BENAR-BENAR SALAH
just it……

AKU AKAN MENCARI JAWABAN ITU DENGAN CARAKU SENDIRI

0

Saat qT mnunggu jawaban seseorang yang qT anggap pentinG
Pasti akan TIMBUL pertanyaan besar !!!
MENGAPA DIA DIAM ???????
penasaRan …… penasaran….. penasaran….
seLaLu menunggu dan meminta jawabannya

TETAPI ,
KetikA jawaban itu tak kunjung ddiucapkan oLeh seseorang itu ,
maka qT akan mencari tahu jawabannya sendiri ,
umumnya orang beranggapan bahwa DIAM ITU BERARTI MAU
tp aq berbeda ,
aquh gag mw beranggapan seperti itu
aq gag bisa hanya mnunggu untuk dy mngatakannya
rasa penasaran itu semakin kuat ,
semakin memaksaku untuk mencarinya
kaLau dy tetep DIAM ,
AKU AKAN MENCARI JAWABAN ITU DENGAN CARAKU SENDIRI
karena ,
akan tidak adiL rasanya biLa apa yang teLah quuh katakan tidak mendapat jawaban….!!!!

ingatkah….????

2

kaLau aq flashback , aquh masii ingat waktu waktu qT observasi ke Batang ,
pada saat itu aq berpikir bahwa inilah saat yang tepat untuk aquh lebih mengenaL muw…
dAn ternyata emanK bener ,
2 hari qT lalui hari di Batang ,
Ya meskipun bersama tema-teman yang lain jugag sih……
(berpikir : gMn kaLau berdua ….. , gag kebayang deh gmN jadinya…..))
Haha……

daLam 2 hari itu , kita menjaLani aktifitas bersama ,
muLai dari makan , minum , bangun pagi , nonton , sampai bicara dan tertawa bareng sampai jam 12 maLem….
Disaat itu , Aquh jugag meLakukan haL yang paling bodoh seumur hidup quh yang pastinya tidak disadari oleh muw atau pun teman” yG lainnya….
(tp cukup L aquh yang tau)
Haha……

2 hari itu quh rasa begiTu cepat beRLaLu ,
Dan dalam 2 hari itu jugag , diam-diam aquh memperhatikan muw ,
Banyak yang quh perhatikan dari muw
SaLah satunya , aquh sering meLihat muw meLamun gag jeLas ,
aqUh berpikir , ya mungKin ngeLamunin aquh…….
Ahhahahahahahahahahahahah………………………..(10000 kaLi)

Aquh juag ingat pada waktu qT maen ke SIDOMUKTI ,
Jujur , aquh pernah sempat berniat untuk mnyatakan ini semua di tempat itu…..
Tp quh urungkan niat quh tersebut…..
?????
di tempat itu qT foto” bareng , dan untung L ada foTo qT berdua……
yang paling berkesan disini bukan itu ,
tp
yang paling berkesan adaLah pada saat qT berfoto saLing merangkuL satu sama lain ,
(walaupun ada cii pengganggu Retna alias BOTAkk )
Pada saat itu aq akuin , kaLau aq grogi banged pada saat merangkuL muw waktu difoTo…..
Haha…..
tp aq staycooL kq…..

dan yang terakhir pada saat uLang tahun muw,
pada maLam uLang tahunmuw , aquh sempat ngerjain dy tp gag berhasiL….
e….e….
ternyata maLah aquh yang dikerjain baLik ma dy……
huhu…..
tp akhirnya uLtah muw qT rayain di pantaiiiiii……
itu jugag mnjadi knangan indah bagiku ,
karna saat itu qT berfoto mesra ,
tp tetep pengganggu nya gag mw iLang……
(she is cii BOTAkk “RETNA”)
Haha…..
Tp aquh harus brtrima kasii sama cii Botakk jugag , tanpa cii botakk aquh gag mungkin bisa berfoto kayak gTuh…..
Untuk cii Botakk aquh ucapkan “TERIMAKASIH”
Hahahah……
Dan juga aquh bertrima kasii sama temen yang lain jugag , yaitu :
Yoga : tukang teLfon , dan tenyata bisa ngeLiat hantu……(serem amat loe ga )
Retna : suka teLat bangun , ngembat ayam goring…..
LuLus : tukang iSengin oranG…..
ApriL : cerewet , suka minTa puLang cepet”…..
Leo : diam” …..
Edwin : sok cool ….
Hahaq….

Ni foTo” nya aquh lampirkan jugag ,,,,,,,,,,

meNanti JAWABAN…….

4

Aquh masii ingat dy berkata :
“tulislah keinginanmuw dalam suatu kertas , lalu berikan penghapusnya kepada TUHAN ,
dan biarkanlah TUHAN yang menentukan apa yang terbaik bagi dirimuw”
Aq telah menulis semua keinginan quh saat itu jugag
salah satunya adalah aquh ingin dy tau bahwa aq memiliki rasa ini dan BERHARAP dy juga mempunyai rasa yang sama dengan apa yang quh rasakan yaitu LOVE……………….
Aquh gag tw apa TUHAN mengapus keinginan quh itu,
aTAu dy juga benar mrasakan haL yang sama……..
Menelusuri jalan pikiran muw saat ini .
Membuat quh tak pernah henti tuk berpikir ,
Adakah yang quh tak pernah tau ????
Apakah aqu harus tidak mnjadi seperti diriku ???
adakah yang membuat muw gelisah ????
Kau ingin , KATAKANLAH…..
Kau mau , KATAKANLAH PADAKU…..!!!!
Jangan DIAM , agar aquh tw maksud muw……..
saMpai saat ini aquh masii beranggapan bahwa dy mempunyai rasa yang sama dengan apa yang quh rasakan……..
seperti juduL lagu PADI-MENANTI SEBUAH JAWABAN…….!!!!!!
AQUH MASii MENAnTIKAN SEBUAH JAWABAN UNTUK MEMILIKI MUW……..