Peran Mahasiswa Dalam Lingkungan Hidup


PERAN MAHASISWA SEBAGAI PIONIR PERUBAHAN LINGKUNGAN HIDUP

Belakangan ini semakin banyak permasalahan yang terjadi pada tubuh pemerintah dan berimbas pada ketenangan hidup masyarakat. Era demokrasi semakin menuntut kebebasan dari masyarakat untuk bersuara menyuarakan aspirasinya kepada pemerintah. Sayangnya, aspirasi masyarakat kadangkala hanya dianggap sebagai angin lalu oleh pemerintah di tengah carut marutnya birokrasi Indonesia. Hanya segelintir golongan yang bisa menembus benteng pemerintah dan mengawali perubahan. Kelompok itu kita sebut golongan intelektual muda atau mahasiswa.
Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. ( Pasal 1 Ayat 1 UU No 32 )
Tanpa kita sadari, lingkungan hidup tempat kita tinggal sekarang adalah salah satu hal yang dapat membunuh kita perlahan oleh karena buruknya lingkungan hidup. Berbagai macam tindakan preventif yang dilakukan untuk menciptakan lingkungan hidup yang sehat, mulai dari tindakan preventif yang dilakukan pemerintah sampai pada gerakan-gerakan lingkungan hidup yang disuarakan oleh mahasiswa.
Mahasiswa tidak menyuarakan hal yang bias dikatakan bualan saja, tetapi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah hal yang paling mendasar yang dapat semua kita lakukan sebagai mahasiswa dan sebagai masyarakat. Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum.
Untuk merealisasikan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup itu perlu adanya dukungan dari kesemua pihak yang terlibat dengan lingkungan hidup dan itu adalah semua umat manusia yang hidup dan tinggal di bumi ini. Mahasiswa pencinta alam adalah salah satu gerakan mahasiswa rutin melakukan tindakan-tindakan pengelolaan lingkungan hidup. Mahasiswa pencinta alam juga mensosialisasikan secara persuasif bahwa penting untuk menjaga lingkungan hidup.
Tidak hanya itu mahasiswa juga menjalin kerja sama dengan pihak lain bauk itu dengan pemerintah secaraa langsung maupun dengan organisasi pencinta alam lainnya seperti Wahana Lingkungan Hidup Indonesia ( WALHI ) bahkan sampai ke internasional seperti organisasi GREEN PEACE. Ini membuktikan mahasiswa adalah salah satu pionir dalam membawa perubahan social lingkungan hidup yang efektif.
Dalam tindakan pengawasan lingkungan hidup bukankah ada AMDAL ( Analisis mengenai dampak lingkungan hidup ) yang merupakan kajian mengenai dampak penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan. Undang-Undang No 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan sebenarnya suddah mengawal semuanya tentang penegakan lingkungan hidup.
Mahasiswa sebagai kaum intelektual mempunyai tanggung jawab yang besar untuk menjaga lingkungan hidup. Selain itu mahasiswa adalah agent of change atau agen pembawa perubahan untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik dari sebelumya. Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah salah satu caranya yaitu perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum. Dukungan berbagai pihak seperti pemerintah, WALHI, GREEN PEACE, dan juga AMDAL juga dibutuhkan dalam menciptakan lingkungan hidup yang sehat. Lingkungan yang sehat akan menciptakan perdamaian pula.

2 thoughts on “Peran Mahasiswa Dalam Lingkungan Hidup

  1. pucuk semangat yang setinggi-tingginya buat mahasiswa..tapi sayang peran itu serasa cuman isapan dalam sebuah tulisan dengan sedikit aksi nyata…dengan bukan sekedar memberi komentar dan demonstrasi di lapangan..tapi tindakan nyata di lapangan yang tak habis – habisnya..

    • apapun yang sudah saya lakukan sampai saat ini sebagai MAHASISWA, baik itu tulisan saya, kritikan saya ataupun tindakan saya, saya tegaskan itu bukanlah isapan jempol belaka, ini adalah peran saya yang saya jalankan sebagai mahasiswa ( agent of change ).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s