Analisis Tupoksi Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga Kota Semarang


A. Sekilas Tentang Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga Kota Semarang.
Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga (DISOSPORA) Kota Semarang beralamat di Jalan Pemuda Nomor 148 Semarang. DISOSPORA berdasarkan dari Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 12 Tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kota Semarang dan Peraturan Walikota Semarang Nomor 25 Tahun 2008 Tentag Penjabaran Tugas dan fungsi Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga Kota Semarang.
Kedudukan Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga Kota Semarang :
1) Dinas Sosial, Pemuda dan Olahraga adalah merupakan unsur pelaksana otonomi daerah.
2) Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga dipimpin oleh seorang kepala dinas yang berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab kepada walikota melalui sekretaris daerah.

Tugas Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga Kota Semarang :
Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang sosial pemuda dan olahraga berdasarkan asas otonomi dan pembantuan.

Fungsi Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga Kota Semarang dalam melaksanakan sebagaimana tugas Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga Kota Semarang adalah :
1) Perumusan kebijakan teknis dibidang potensi dan sumber kesejahteraan sosial, penyanndang masalah kesejahteraan sosial, kepemudaan, pembinaan olahraga, serta sarana prasarana kemitraan.
2) Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum dibidang potensi dan sumber kesejahteraan sosial, penyanndang masalah kesejahteraan sosial, kepemudaan, pembinaan olahraga, serta sarana prasarana kemitraan.
3) Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang potensi dan sumber kesejahteraan sosial, penyanndang masalah kesejahteraan sosial, kepemudaan, pembinaan olahraga, serta sarana prasarana kemitraan.
4) Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Adapun susunan organisasi DISOSPORA sebagaimana tertuang dalam Pasal 10 Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 12 Tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kota Semarang adalah :
1) Kepala Dinas
2) Sekretariat
3) Bidang Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial
4) Bidang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial
5) Bidang Kepemudaan
6) Bidang Pembinaan Olahraga
7) Bidang Prasarana dan Kemitraan
8) Unit Pelaksana Teknik Dinas ( UPDT )

Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) di Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga Kota Semarang, saya ditempatkan pada bidang Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) selama kegiatan PKL tersebut berlangsung.

B. Bidang Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial DISOSPORA Kota Semarang.
Bidang Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial Kota Semarang mempunyai tugas merencanakan, mengkoordinasikan, membinamengawasi dan mengendalikan serta mengevaluasi di bidang kesetiakawanan sosial, bidang pengembangan potensi kesejahteraan sosial, serta bidang pembinaan dan pelestarian nilai kepahlawanan.
Untuk melaksanakan tugas sebagaimana tugas PSKS Disospora Kota Semarang, maka bidang PSKS mempunyai fungsi :
a. Penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang kesetiakawanan sosial, bidang pengembangan potensi kesejahteraan sosial, serta bidang pembinaan dan pelestarian nilai kepahlawanan sosial.
b. Penyusunan rencana program dan rencana anggaran di bidang kesetiakawanan sosial, bidang pengembangan potensi kesejahteraan sosial, serta bidang pembinaan dan pelestarian nilai kepahlawanan sosial.
c. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas di bidang kesetiakawanan sosial, bidang pengembangan potensi kesejahteraan sosial, serta bidang pembinaan dan pelestarian nilai kepahlawanan sosial.
d. Pelaksanaan dan pelayanan administrasi dan teknis di bidang potensi sumber dan kesejahteraan sosia, pengembangan lembaga pelayanan sosial dan profesi pekerjaan sosial.
e. Pelaksanaan fasiltasi di bidang potensi dan sumber kesejahteraan sosial dan profesi pekerjaan sosial.
f. Pelaksanaan Hari Pahlawan dan Kesetiakawanan Sosial Nasional
g. Pelaksanaan pemberian penghargaan di bidang sosial
h. Penyelenggaraan pemberian penghargaan di bidang sosial
i. Pelaksanaan pemberian bimbingan, monitoring, supervisi, konsultasi dan fasilitasi di bidang potensi dan sumber kesejahteraan sosial.
j. Pelaksanaan penggalian, pengembangan dan pendayagunaan PSKS
k. Pelaksanaan pengadaan sarana dan prasarana sosial
l. Pelaksanaan pembangunan, perbaikan, dan pemeliharaan taman makam pahlawan
m. Pelaksanaan penyajian data dan informasi di bidang di bidang kesetiakawanan sosial, bidang pengembangan potensi kesejahteraan sosial, serta bidang pembinaan dan pelestarian nilai kepahlawanan sosial.
n. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan di bidang kesetiakawanan sosial, bidang pengembangan potensi kesejahteraan sosial, serta bidang pembinaan dan pelestarian nilai kepahlawanan sosial.
o. Penyusunan laporan realisasi anggaran bidang potensi dan sumber kesejahteraan sosial
p. Pengkoordinasian penyusunan laporan kinerja program bidang potensi dan sumber kesejahteraan sosial
q. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh kepala dinas sesuai dengan bidang tugasnya.

C. Struktur Organisasi Tata Kerja Bagian PSKS Disospora
Struktur Organisasi Tata Kerja Bagian Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga :
Bidang Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial :
1) Seksi Kesetiakawanan Sosial
2) Seksi Pengembangan Potensi Kesejahteraan Sosial
3) Seksi Pembinaan dan Pelestarian Nilai-Nilai Kepahlawanan

Adapun yang menjabat adalah :
1. Kepala Bidang PSKS : Jeti Wahjoeningsih, SH.
2. Kepala Seksi Kesetiakawanan Sosial : Drs. Agus Julianto
3. Kepala Seksi Pengembangan Potensi Kesejahteraan Sosial : Sudiyono, SH.
4. Kepala Seksi Pembinaan dan Pelestarian Kepahlawanan Sosial : Setiawati Eko Pratiwi, SH.
5. Staff Bidang PSKS : Agus Supriyanto, S.Pd
6. Staff Bidang PSKS : Suyamti
7. Staff Bidang PSKS : Ade Bahtiar
8. Staff Bidang PSKS : Ani Kiswanti
9. Staff Bidang PSKS : Udji Sunaryo, SH.

Organisasi yang secara langsung terkait dengan bidang Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial Disospora Kota Semarang :
1. Pekerja Sosial Masyarakat
Pekerja Sosial Masyarakat adalah warga masyarakat yang atas dasar rasa kesadaran dan tanggung jawab sosial serta didorong oleh rasa kebersamaan kekeluargaan dan kesetiakawanan sosial secara suka rela mengabdi pada pembangunan kesejahteraan sosial
2. Organisasi Sosial
Lembaga/Yayasan/Perkumulan Sosial yang dibentuk ooleh masyarakat baik berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam melaksanakan usaha kesejahteraan sosial.
3. Karang Taruna
Organisasi sosial yang berfungsi sebagai wadah pembinaan dan pengembangan tenaga dan pemuda di kelurahan yang kegiatannya terutama di bidang usaha kesejahteraan sosial.
4. Wanita Pemimpin Kesejahteraan Sosial
Wanita/tokoh wanita yang mempunyai minat besar kemampuan untuk memimpin dan melaksanakan usaha kesejahteraan sosial.
5. Dunia Usaha
PT, CV, UD yang bergerak dalam dunia usaha yang mau menyumbangkan sebagian dana untuk kegiatan sosial.
6. Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat
Sistem kerjasama antar keperangkatan pelayanan sosial di akar rumput yang terdiri atas usaha kelompok, lembaga, maupun jaringan kerja pendukungnya.

D. Analisis Saya Mengenai Tugas, Pokok dan Fungsi bidang PSKS Disospora Kota Semarang
Selama saya mengikuti kegiatan PKL di Dinas Sosial Kota Semarang, saya ditempakan pada bagian atau bidang Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). Di bagian PSKS saya belajar, bekerja dan menganalisis mengenai tugas, pokok, dan fungsi bidang PSKS Disospora Kota Semarang.
Seperti yang telah saya paparkan diatas, tugas pokok dan fungsi PSKS berada pada dibagi menjadi 3 seksi yaitu seksi kesetiakawanan sosial , seksi pengembangan potensi kesejahteraan sosial , dan seksi pembinaan dan pelestarian nilai-nilai kepahlawanan.
Dari pengamatan yang saya lakukan selama saya PKL di bagian PSKS Disospora, umumnya seluruh seksi di bidang PSKS Disospora sudah meenjalankan tugas, pokok, dan fungsi PSKS Disosspora dengan baik sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Walikota Semarang Nomor 25 Tahun 2008 Tentang Penjabaran Tugas dan Fungsi Dinas Sosial, Pemuda dan Olahraga Kota Semarang.
Bidang kesetiakawanan sosial, bidang potensi kesejahteraan sosial dan bidang pembinaan dan pelestarian nilai-nilai kepahlawanan sosial adalah meruapakan bidang dari bidang PSKS Disospora Kota Semarang. Tugas, pokok, dan fungsi dari setiap bidang itu juga sudah berjalan dengan baik. Namun dalam faktanya kurangnya pegawai merupakan satu masalah yang terdapat pada PSKS Disospora Kota Semarang. Sehingga dalam menjalankan tugas, pokok dan fungsi pada setiap bidangnya terjadi penumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan.
Dalam pelaksanaannya, masalah kedisiplinan juga merupakan persoalan yang harus ditangani lebih lanjut. Kedisiplinan dalam bekerja merupakan salah satu faktor utama dalam menjalankan urusan pemerintahan yang baik. Untuk mewujudkannya itu, perlu adanya kedewasaan dari para pegawai untuk lebih disiplin agar mendapat respon positif dari masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s