Studi Yuridis Terhadap Pelaksanaan Fungsi Dinas Sosial, Pemuda dan Olahraga Kota Semarang Bidang Potensi dan Kesejahteraan Sosial


Lumbanbatu, Hery Oktavianus Saroha. 2012. Studi Yuridis Terhadap Pelaksanaan Fungsi Dinas Sosial, Pemuda Dan Olahraga Kota Semarang Di Bidang Potensi Dan Sumber Kesejahteraan Sosial. Prodi Ilmu Hukum. Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I, Arif Hidayat, S.H.I., M.H. Pembimbing II, Tri Sulistiyono, S.H.,M.H.

Kata Kunci : Studi Yuridis, Fungsi,  Kesejahteraan Sosial

Bidang potensi dan sumber kesejahteraan sosial adalah salah satu bidang di Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga Kota Semarang. Potensi dan sumber kesejahteraan sosial adalah semua hal yang berharga yang dapat digunakan untuk menjaga, menciptakan, mendukung, atau memperkuat usaha kesejahteraan sosial. Permasalahan yang diteliti dalam permasalahan ini adalah: (1) Bagaimanakah pelaksanaan fungsi Dinas Sosial, Pemuda dan Olahraga Kota Semarang di bidang potensi dan sumber kesejahteraan sosial, (2) Apa sajakah indikator keberhasilan pemenuhan tujuan dari fungsi Dinas Sosial, Pemuda dan Olahraga Kota Semarang bidang potensi dan sumber kesejahteraan sosial.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan yuridis-sosiologis. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) metode wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Tekhnik pengolahan keabsahan data menggunakan Trianggulasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, (4) Penarikan Kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan fungsi Dinas Sosial, Pemuda dan Olahraga Kota Semarang bidang potensi dan sumber kesejahteraan sosial kinerja tahun 2011 yaitu; Pertama, pembinaan dan pengembangan kesetiakawanan sosial serta pelestarian nilai-nilai kepahlawanan; Kedua, peningkatan petugas pelaksana pengelolaan jaminan kesejahteraan sosial; Ketiga, pemberdayaan dan pembinaan karang taruna; Keempat, fasilitasi terhadap organisasi sosial; Kelima, pemberdayaan dan pengembangan pekerja sosial masyarakat; Keenam, penumbuhan dan pengembangan lembaga konsultasi dan kesejahteraan keluarga. (2) Indikator keberhasilan fungsi Dinas Sosial, Pemuda dan Olahraga Kota Semarang bidang potensi dan kesejahteraan sosial dapat dilihat pada keluaran (output) dan hasil (outcome) dari kegiatan yang dilaksanakan sesuai Pasal 5 Peraturan Walikota Semarang Nomor 29 Tahun 2007 Tentang Pedoman Umum Penetapan Indikator Kinerja Utama Di Lingkungan Instansi Pemerintah Kota Semarang. Saran kepada Dinas Sosial, Pemuda dan Olahraga Kota Semarang bidang potensi dan sumber kesejahteraan sosial adalah hendaknya pegawai bidang potensi dan sumber kesejahteraan sosial perlu lebih mengoptimalkan peran lembaga dan organisasi sosial dengan cara melakukan pelatihan dan pemberdayaan lebih kepada lembaga dan organisasi sosial khususnya dalam hal dukungan dana guna meningkatkan kesejahteraan sosial di Kota Semarang. Meningkatkan kinerja dan menjalin kerja sama dengan pihak-pihak terkait guna turut mendukung kesejahteraan sosial. Namun disisi lain, DPRD Kota Semarang menilai kinerja Dinas Sosial, Pemuda dan Olahraga Kota Semarang bidang potensi dan sumber kesejahteraan sosial belum optimal.

Penguji : Drs. Sartono Sahlan, MH.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s